SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SALATIGA                                         HIJAU BUMIKU BIRU LANGITKU

Beranda

Mari Bersama Kurangi Sampah Plastik

Pada hari Selasa, 5 Juni 2018 lalu yang diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Tahun ini tema utama Hari Lingkungan Hidup adalah “Kendalikan Sampah Plastik”. Negara-negara di dunia termasuk Indonesia menabuh genderang gerakan bersama mengatasi sampah yang sulit terurai dan mengancam lingkungan hidup ini.

Rosa Vivien Ratnawati selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) KLHK, mengungkapkan alasan penting mengapa masyarakat harus mengurangi penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai. Menurutnya, jumlah timbulan sampah plastik diperkirakan sebesar 14% dari total jumlah timbulan harian, atau 24.500 ton per hari setara 8,96 juta ton per tahun. Sementara jumlah timbulan sampah kantong plastik yang terus meningkat signifikan dalam 10 tahun terakhir.

Lebih kurang sejumlah 9,8 milyar lembar kantong plastik digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya, dan hampir 95% nya menjadi sampah. Padahal, menurut Vivien sampah plastik ini tidak dapat diurai ke lingkungan secara mudah, harus melauli proses ratusan tahun. “Jadi bayangkan Bapak Ibu, bagaimana sampah plastik itu kita buang, dan tidak akan terurai ke lingkungan kemudian masuk ke sungai, ke laut, ikannya makan plastik, kepitingnya terlilit plastik.” Ungkap Vivien.

Vivien mengajak masyarakat untuk tidak menimbulkan sampah plastik dengan mencontohkan ketika berbelanja ke pasar membawa tas kain yang dapat digunakan kembali. Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan (packaging) makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. Dari total timbunan sampah plastik, yang telah didaur ulang diperkirakan baru 10-15% saja. Selain itu 60-70% ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir, dan 15-30 % belum terkelola sampai terbuang ke lingkungan terutama perairan seperti sungai, danau, pantai dan laut.

Sumber :

http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1276

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *