Rencana Relokasi Pohon Beringin Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila merupakan salah satu titik ruang terbuka hijau (RTH) yang menjadi ikon Kota Salatiga. Lapangan Pancasila selama ini mempunya beragam fungsi, untuk upacara, olahraga, untuk acara ibadah beragam agama, sebagai sarana rekreasi warga, dan masih banyak lagi. Seiring perjalanan waktu, kondisi Lapangan Pancasila cukup memprihatinkan, diantaranya kondisi lapangan yang sudah tidak representatif, kontur serta rumput penutupnya yang sudah rusak; kerusakan pada bangunan taman sekeliling lapangan; serta kondisi pohon sekeliling lapangan yang mayoritas sudah termakan usia dan sering patah sehingga membahayakan pengguna jalan dan lapangan. Oleh karena banyaknya pertimbangan, hingga akhirnya pada tahun 2019 ini Pemerintah Kota Salatiga berencana melaksanakan kegiatan Revitalisasi Lapangan Pancasila.

Cukup beragam reaksi dan pendapat masyarakat mengenai rencana kegiatan Revitalisasi Lapangan Pancasila ini, salah satunya adalah dari beberapa elemen pecinta lingkungan yang mengkritisi terkait rencana pemangkasan pohon dalam area Lapangan Pancasila. Mereka berharap tidak semua pohon ditebang, mengingat banyak sekali fungsinya bagi lingkungan, dan menyatakan siap membantu untuk dilakukannya relokasi pohon ke titik RTH lain di Kota Salatiga.

Bagus Kadarusman, SH, sebagai Kasi Pertamanan dan Konservasi pada Dinas Lingkungan Hidup menyatakan saran yang cukup positif tersebut ditanggapi Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, sebagai pengelola Lapangan Pancasila. Kemudian sebagai langkah awal, dipilihlan dua pohon beringin sebagai obyek relokasi, karena sangat tidak mungkin bila semua pohon direlokasi, terutama mengingat kondisi dan usia pohon. Pohon beringin yang dipilih adalah dua pohon yang berada di samping monumen Lapangan Pancasila, dan berumur lebih muda dari pohon beringin lain yang ada di area Lapangan Pancasila.

Pada tanggal 2 Mei 2019 mulai dilakukan pemangkasan dahan pohon beringin oleh petugas taman Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga didampingi oleh elemen pecinta lingkungan. Untuk langkah selanjutnya, proses penggalian dan proses pemindahan pohon akan dilaksanakan menjelang proyek Revitalisasi Lapangan Pancasila dilaksanakan, mengingat kebutuhan tenaga, alat berat, serta anggaran yang pasti dibutuhkan dalam proses relokasi pohon beringin ini nantinya.

Sebagai tambahan, relokasi nantinya tidak hanya dilakukan pada pohon beringin, namun juga Monumen Lapangan Pancasila , atau patung pahlawan salatiga direncanakan direlokasi ke Taman Kota Salatiga yang berlokasi di Bendosari, agar ikon yang ada di Lapangan Pancasila lama tetap dapat dilihat oleh masyarakat.

(admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *